10 Tips Menghadapi Ujian

 yaitu momen paling mengerikan selama sekolah 10 Tips Menghadapi Ujian

-Sebentar lagi akan diadakan Ujian Nasional untuk kelas 6 SD, 3 SMP, dan 3 Sekolah Menengan Atas di Indonesia. Semua pelajar berkemas-kemas seolah Ujian Nasional yaitu momen paling mengerikan selama sekolah. Sebenarnya Ujian Nasional tidaklah mengerikan menyerupai yang banyak pelajar banyangkan. Dengan persiapan yang matang UN pun akan gampang dihadapi seolah hanya menghadapi ulangan harian.

 yaitu momen paling mengerikan selama sekolah 10 Tips Menghadapi Ujian

Oke, bagi agan-agan yang sebentar lagi akan mengikuti ulangan baik itu UTS ataupun UN ane punya 10 Tips Menghadapi Ujian (Teknis).


(Tips ini yaitu tips yang dilakukan apabila sudah mengusai bahan yang akan diujikan)



1. Persiapan Yang Lebih Matang
Bawalah semua alat tulis yang dibutuhkan, menyerupai pensil, pulpen, jam (tangan), penghapus, tipe-x, penggaris, dan lain-lainnya. Perlengkapan ini akan membantu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.

2. Tenang Dan Percaya Diri
Pastikan dirimu sudah siap sedia untuk mengerjakan soal ujian. Jawaban yang dijawab sendiri akan lebih meyakinkan dibanding balasan dari orang lain.

3. Bersantai Tapi Waspada
Pilihlah dingklik atau daerah yang nyaman untuk mengerjakan ujian. Pastikan kau mendapat daerah yang cukup untuk mengerjakannya. Pertahankan posisi duduk tegak. Posisi duduk yang sempurna sanggup melancarkan sirkulasi darah ke otak sehingga otak akan lebih berkonsentrasi.

4. Preview Soal-Soal Ujian
Luangkan 10% dari keseluruhan waktu ujian untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang dibutuhkan untuk menjawab masing-masing soal. Rencanakan untuk mengerjakan soal yang gampang dulu, gres soal yang tersulit. Ketika kau membaca soal-soal, catat juga ide-ide yang muncul yang akan dipakai sebagai jawaban.

5. Jawab Soal-Soal Ujian Dengan Strategis
Mulai dengan menjawab pertanyaan gampang yang kau ketahui, kemudian dengan soal-soal yang mempunyai nilai tertinggi. Pertanyaan terakhir yang seharusnya kau kerjakan adalah:

  • Soal paling sulit
  • Yang membutuhkan waktu usang untuk menulis jawabannya
  • Memiliki nilai terkecil


6. Untuk Soal PG, Ketahui Jawaban Yang Harus DipilihMula-mulai, abaikan balasan yang kau tahu salah. Tebaklah selalu suatu pilihan balasan dikala tidak ada eksekusi pengurangan nilai, atau dikala tidak ada pilihan balasan yang sanggup kau abaikan. Jangan menebak suatu pilihan balasan dikala kau tidak mengetahui secara niscaya dan dikala eksekusi pengurangan nilai digunakan. Karena pilihan pertama akan jawabanmu biasanya benar, jangan menggantinya kecuali bila kau yakin akan koreksi yang kau lakukan.

7. Untuk Soal Esay, Pikirkan Jawaban Sebelum Menulis
Buat kerangka balasan singkat untuk esai dengan mencatat dulu beberapa wangsit yang ingin kau tulis. Kemudian nomori ide-ide tersebut untuk mengurutkan mana yang hendak kau diskusikan dulu.

8. Untuk Soal Esay, Langsung Ke Poin Utama
Tulis kalimat pokokmu pada kalimat pertama. Gunakan paragraf pertama sebagai overview esaimu. Gunakan paragraf-paragraf selanjutnya untuk mendiskusikan poin-poin utama secara mendetil. Dukung poinmu dengan gosip spesifik, contoh, atau kutipan dari bacaan atau catatanmu.

9. Sisihkan Waktu 10% Untuk Memeriksa Jawaban
Periksa jawabanmu; hindari harapan untuk segera meninggalkan kelas segera sesudah kau menjawab semua soal-soal ujian. Periksa lagi bahwa kau telah menuntaskan semua pertanyaan. Baca ulang jawabanmu untuk menyidik ejaan, struktur bahasa dan tanda baca. Untuk balasan matematika, periksa bila ada kecerobohan (misalnya salah meletakkan desimal). Bandingkan balasan matematikamu yang bahu-membahu dengan penghitungan ringkas.

10. Analisa Hasil Pekerjaan
Setiap ujian sanggup membantumu dalam mempersiapkan diri untuk ujian selanjutnya. Putuskan taktik mana yang sesuai denganmu. Tentukan taktik mana yang tidak berhasil dan ubahlah. Gunakan kertas ujian sebelumnya dikala berguru untuk ujian akhir.



Semoga sanggup membantu dan biar sukses di ujian!



Sekian



SALAM Blogger

0 Response to "10 Tips Menghadapi Ujian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel