Text To Speech Dalam Bahasa Indonesia Gratis

Text to Speech dalam Bahasa Indonesia Gratis Text to Speech dalam Bahasa Indonesia Gratis

- Layanan text to speech tergolong gres di industri digital. Layanan yang bisa mengucapkan kata-kata dalam teks menjadi ibarat orang berbicara. Kehadiran text to speech bukan tanpa alasan. Justru fitur ini muncul atas kebutuhan masyarakat.

Keunggulan text to speech yaitu frekuensi bunyi yang terdengar elegan, nyaman untuk didengar.

Walaupun sampai dikala ini belum ada yang mempunyai intonasi bunyi yang sempurna. Dalam arti, kata yang diucapkan terasa datar dan kurang menggugah.

Meski begitu, faktanya text to speech cukup banyak digunakan. Terutama untuk menyebutkan kalimat yang singkat, klarifikasi pada video, atau merekamnya sebagai cara pengucapan kata yang benar.


Saat ini kita beruntung bahwa text to speech telah mempunyai data rekaman bunyi vokal orang Indonesia. Berbeda dengan dulu yang hanya tersedia untuk bahasa Inggris atau negara-negara di Eropa.

Beberapa layanan berikut ini menjamin penggunaan kata dalam Bahasa Indonesia dan mengkonversinya menjadi suara. Semuanya ini gratis dan tersedia untuk banyak sekali platform.

FYI: Sebagian memakai vokal perempuan dan sebagian lagi laki-laki

Text to Speech dalam Bahasa Indonesia Gratis


Web: ResponsiveVoice

Text to Speech dalam Bahasa Indonesia Gratis Text to Speech dalam Bahasa Indonesia Gratis

Di urutan pertama, saya merekomendasikan ResponsiveVoice sebagai layanan teks berbicara dalam Bahasa Indonesia.

Tools online ini cukup gampang digunakan. Pengunjung hanya perlu memasukan teks kemudian klik Play maka akan terdengar bunyi perempuan berbicara menurut teks yang teman tulis tadi.

Menariknya, hasil bunyi cukup memuaskan. Intonasi khususnya tanda baca terdengar terang sehingga kalimat tidak terasa datar. ResponsiveVoice sanggup diakses melalui Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, Internet Explorer, dan Opera Mini. Sistem operasi Android dan iOS juga tak ketinggalan.


Web: Google Translate

Text to Speech dalam Bahasa Indonesia Gratis Text to Speech dalam Bahasa Indonesia Gratis

Google Translate tidak hanya bisa menerjemahkan teks dalam bahasa abnormal ke bahasa yang diinginkan. Namun salah satu produk Google ini juga mengikutsertakan text to speech.

Text to speech yang tersedia meliputi semua bahasa yang didukung Google Translate. Bahkan untuk Bahasa Indonesia, kini jauh lebih halus dan tidak kaku dikala berbicara.

Dibanding dengan ResponsiveVoice, kecepatan berbicara pada Google Translate agak sedikit lebih lambat. Untuk mengakses tools ini, teman cukup mengunjungi halaman utamanya melalui browser.


Web: Oddcast

Text to Speech dalam Bahasa Indonesia Gratis Text to Speech dalam Bahasa Indonesia Gratis

Oddcast menyediakan opsi Bahasa Indonesia dengan vokal perempuan (Damayanti). Tools online ini juga mengatakan pilihan untuk imbas bunyi serta levelnya.

Cenderung gampang dimodifikasi bagaimana intonasi, kecepatan, atau frekuensi suara. Sayangnya, Oddcast tidak bisa menginput banyak kata sekaligus.


Android: Google Text-to-Speech

Text to Speech dalam Bahasa Indonesia Gratis Text to Speech dalam Bahasa Indonesia Gratis

Sama halnya dengan Google Translate, aplikasi ini mempunyai basis dari Google. Bedanya, ia hadir dalam format aplikasi untuk platform Android.

Google Text-to-Speech mengatakan akomodasi untuk membacakan buku pada Google Play Book.

Selain itu, ada juga TalkBack yang memungkinkan teman melaksanakan input mulut ke dalam perangkat. Aplikasi ini resmi dan gratis, sanggup didownload melalui Plays Tore.


Windows: IndoTTS

Text to Speech dalam Bahasa Indonesia Gratis Text to Speech dalam Bahasa Indonesia Gratis
Screenshot from myblackpink

Menurut sejarah, IndoTTS yaitu agenda perekaman bunyi (diphone database recording) pertama di Indonesia. Perekaman dilakukan pada tahun 2000 dengan memakai bunyi dari Arry Akhmad Arman.

Menurut gosip yang saya dapat, IndoTTS mempunyai intonasi bunyi yang dinamis khas ibarat orang Indonesia. Bahkan ada ribuan dialek untuk pengucapan aksara "e" saja.

Software yang bekerjsama sudah cukup tua, tetapi sudah menjadi titik gebrakan agenda text to speech awal di Indonesia.


Nah, kini tinggal teman menentukan mana yang paling nyaman didengar dengan pengucapan yang tepat.

Dari waktu ke waktu agenda ini akan terus berkembang dan akan semakin ibarat dengan bunyi insan ketika sedang berbicara.

Contohnya saja bahasa Inggris yang kini terdengar cukup khas layaknya orang yang sedang berbicara dalam bahasa Inggris, dialeknya pas, intonasi tepat, serta penuturan kalimat yang selaras.


Jika teman punya rekomendasi tools lain terkait dengan apa yang saya bahas disini, jangan ragu untuk mengatakan tanggapan di kolom komentar :)


0 Response to "Text To Speech Dalam Bahasa Indonesia Gratis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel