10 Logo Termahal Di Dunia Dengan Harga Yang Fantastis
- Logo menjadi identitas visual sebuah organisasi, lembaga, atau komunitas. Penciptaan logo tidak serta merta mengandalkan kemampuan "sebisanya" dan hasil yang "seadanya". Logo harus dirancang selaras dengan konsep yang telah ditentukan, terlebih ia harus mempunyai makna yang sempurna dengan apa yang diharapkan.
Beberapa perusahaan tidak segan untuk mengeluarkan biaya yang terbilang fantastis untuk sebuah identitas visual berukuran kecil ini. Sebagian diantaranya disukai alasannya yaitu memang desainnya yang menarik, tetapi sebagian lagi menyebutnya gagal.
Terlepas dari evaluasi publik, logo-logo yang ada pada daftar ini telah memecahkan rekor dengan biaya pembuatan termahal di dunia.
10. Logo Kota Belfast - $280.000
Belfast merupakan salah satu kota besar di Irlandia. Pada tahun 2008, mereka tetapkan untuk mengubah logo kota mereka. Ikon yang dipilih ialah bentuk hati yang dimiringkan dan membentuk karakter "B" sebagai inisial kota Belfast. Pemilihan hati beralasan bahwa Belfast yaitu kota yang menjunjung cinta dan perdamaian. Nama Belfast sendiri tertulis vertikal di sisi kiri.
9. Logo Kota Melbourne - $625.000
Logo ini dirancang pada tahun 2009 oleh Asosiasi Landor. Logo ini dimaksudkan untuk mendukung identitas perusahaan gres di Melbourne. Huruf "M" pada logo ini mempunyai garis-garis tajam yang saling berpotongan dan sisi-sisi yang berwarna saling "menimpa" satu sama lain sehingga memberi kesan ruang pada karakter tersebut.
8. Logo Olimpiade London 2012 - $625.000
Dibanderol dengan budget yang sama dengan logo kota Melbourne, tim penyelenggara Olimpiade London 2012 mempercayakan konsultan merek Wolff Olins pada 2007 untuk merancangnya. Meskipun menuai kritik alasannya yaitu desainnya yang tidak begitu menarik, logo ini tetap sukses menangguhkan diri sebagai salah satu logo dengan biaya pembuatan termahal di dunia.
7. Logo Pepsi - $1.000.000
Saingan berat Coca-Cola ini mendesain ulang logo mereka pada 2008. Pihak perusahaan melaporkan mereka telah menggelontorkan dana sebanyak $1.000.000 untuk mewujudkan logo yang baru. Secara garis besar logo ini tidak jauh berbeda dengan logo sebelumnya.
6. Logo BBC - $1.800.000
Pada 1997, British Broadcasting Corporation (BBC) menentukan untuk memakai logo yang sederhana yakni masing-masing karakter yang diberi latar berbentuk persegi. Jika tahun 2016 BBC tetap memakai logo ini, maka ia akan mengalahkan rekor penggunaan logo terlama yakni pada 1971-1988.
5. Logo Perusahaan ANZ - $15.000.000
Program rebranding dari Australia and New Zealand Banking Group (ANZ) menghabiskan waktu selama 2 tahun, dimulai dari 2010 dan tanggapan pada 2012. Mereka mengeluarkan dana yang fantastis, menyentuh angka $15.000.000. Namun jumlah ini juga meliputi seni administrasi pemasaran yang gres pula.
4. Logo Posten Norge - $55.000.000
Posten Norge yaitu perusahaan yang menunjukkan layanan pos di Norwegia. Pada tahun 2008 perusahaan tersebut melancarkan kampanye rabranding termasuk logo dengan biaya yang setara dengan $55.000.000. Logo gres ini dinilai sukses mendapat kesan faktual lewat desainnya yang lebih modern dan sederhana.
3. Logo Accenture - $100.000.000
Accenture yaitu perusahaan jasa yang bergerak di bidang teknologi dan konsultasi manajemen. Pada tahun 2000, Andersen Consulting memutus kontrak dengan Anderson Accounting dan hal ini memaksa Andersen Consulting untuk mengubah namanya menjadi Accenture dengan makna "accent on the future". Perkiraan biaya mencapai $100.000.000 menciptakan logo ini menempati urutan ketiga.
2. Logo BP - $211.000.000
British Petroleum atau BP yaitu perusahaan yang melaksanakan pengeboran minyak. Satu-satunya alasan mengapa BP menentukan warna hijau yang mendominasi ialah ingin mengambarkan bahwa pengeboran yang mereka lakukan tetap memperhatikan keseimbangan lingkungan. Walaupun begitu, pada 2010 terjadi tumpahan minyak dan BP harus bertanggungjawab atasnya. Selain itu ini juga sekaligus memberi kritik pedas terhadap logo gres mereka.
1. Logo Symantec - $1.280.000.000
Dengan menelan biaya yang sangat besar, Symantec mengkukuhkan namanya sebagai perusahaan dengan modal pembuatan logo dan rebranding termahal di dunia untuk ketika ini. Sayangnya, Symantec yang awalnya yaitu perusahaan besar sekarang hanya bergerak di level menengah bersama logo mahalnya.
Impossible price! |
Harga logo-logo di atas beberapa diantaranya juga digabungkan dengan rebranding perusahaan. Bisa dikalkulasikan sendiri berapa Rupiah biaya yang diharapkan untuk membuatnya.
Bahkan di urutan buncit, yakni lambang kota Belfast saja menghabiskan uang senilai Rp. 3.8 miliar. Memang kebanyakan orang menganggap hal ini berlebihan, namun bagi para desainer, ide itu tak ternilai harganya.
Sumber: Simplio Web Studio
0 Response to "10 Logo Termahal Di Dunia Dengan Harga Yang Fantastis"
Posting Komentar