Bantu Fokus Dengan Aplikasi Managemen Waktu Ini Di Windows 10

- Aplikasi Windows 10 mungkin masih terbilang sedikit. Namun dari sedikitnya itu punya kualitas yang lebih dari yang dikira. Sobat mungkin berpikir kuantitas memilih segalanya. Di Windows 10, semua itu mitos belaka. Kualitaslah yang memilih segalanya.

Windows 10 sendiri mempunyai Store yang isinya unik-unik. Berbeda satu sama lainnya. Namun fungsional. Hampir semua bisa meningkatkan produktivitas. Ditambah cara kerja UWP (Universal Windows Platform) yang membuatnya sanggup eksis di semua perangkat Windows.

Salah satunya ialah Focus 10.

Focus 10

Focus 10 ialah aplikasi UWP Windows 10 yang berfungsi untuk membantu penggunanya fokus melaksanakan suatu pekerjaan dengan komputernya, atau smartphone-nya.

Focus 10 secara khusus memakai teknik Pomodoro sebagai time management dari aplikasi Focus 10 sendiri.

 Namun dari sedikitnya itu punya kualitas yang lebih dari yang dikira Bantu Fokus dengan Aplikasi Managemen Waktu Ini di Windows 10
Waktu bekerja dihitung mundur oleh Focus 10

Tapi, apa itu Pomodoro?

Pomodoro ialah sebuah metode time-management yang dibentuk oleh Francesco Cirillo pada tahun 1980-an. Pomodoro ialah teknik yang kini makin terkenal di antara orang-orang produktif yang masih kesulitan mengatur waktunya, dan kesulitan untuk fokus.

Bagaimana cara kerja Pomodoro?

Pomodoro bekerja dengan memilih waktu bekerja (yang bisa teman sesuaikan dengan kondisi sobat), dan menghitung waktu bekerja tersebut mundur sementara teman mengerjakan tasks atau pekerjaan dengan fokus hingga waktunya habis.

Setelah waktu untuk bekerja tersebut habis, teman menghitung waktu mundur untuk istirahat. Waktu istirahat ini disarankan untuk dijadikannya lebih sedikit ketimbang waktu bekerja.

Saat menghitung waktu mundur untuk istirahat ini, teman bisa melaksanakan istirahat kecil, menyerupai pergi minum ke dapur, atau keluar rumah menghirup udara segar... terserah. Yang penting istirahat, jangan kerja.

 Namun dari sedikitnya itu punya kualitas yang lebih dari yang dikira Bantu Fokus dengan Aplikasi Managemen Waktu Ini di Windows 10
Merah: waktu bekerja; Biru: waktu istirahat; Biru paling kanan: waktu istirahat lama
Setelah waktu istirahat habis, teman kembali menghitung waktu bekerja mundur. Dan sambil waktu bekerja dihitung mundur, teman kembali bekerja. Lalu ketika waktu istirahat dihitung mundur, teman kembali beristirahat.

Jadi pada dasarnya teman bekerja dan beristirahat dalam waktu yang ditentukan, semoga teman sanggup bekerja sepenuhnya, dan beristirahat sepenuhnya. Inilah fokus.

Waktu bekerja yang kedua, ketiga, dan seterusnya sama menyerupai waktu bekerja yang pertama. Begitu pula dengan waktu istirahat.

Dan, di akhir, teman akan dihitung mundur untuk istirahat yang panjang. Istirahat ini berbeda dari istirahat biasanya, alasannya mempunyai waktu yang lebih panjang dan hanya sekali dihitung mundur pada saat-saat terakhir teman bekerja.

Nah, konsep Pomodoro yang agak rumit itu dibungkus ke dalam aplikasi Focus 10 di Windows 10.

0 Response to "Bantu Fokus Dengan Aplikasi Managemen Waktu Ini Di Windows 10"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel