Cara Mengatasi Hdd Berbunyi Creck...Creck...

Ketika komputer gres dinyalakan atau sedang beroperasi datang Cara Mengatasi HDD Berbunyi Creck...Creck...

-Ketika komputer gres dinyalakan atau sedang beroperasi tiba-tiba terdengar suara menyerupai "creck...creck...crick...crick...tek...trek" (atau apalah itu bunyinya) seketika juga jadwal berhenti berjalan (mirip Not Responding). Jika tanda-tandanya demikian maka sanggup didiagnosis bahwa terjadi kerusakan pada HDD (Hard Disk/Drive).

Kerusakan menyerupai itu sering disebut sebagai Bad Sector. Bad Sector yaitu suatu kondisi dimana HDD tidak bisa bekerja secara normal, disebabkan oleh piringan magnetik yang melemah, guncangan, kerusakan software, dan daya listrik yang tidak stabil.

Bad Sector hanyalah kerusakan tingkat ringan namun bila terjadi terus menerus tanpa ada penanganan maka katakan selamat tinggal pada data-data di HDD sobat. Tetapi bila sobat sudah mempartisi HDD semisal C / D / E dan seterusnya maka kerusakan hanya sanggup menyebar pada partisi tertentu saja, tidak hingga ke partisi lain. Berdasarkan pengalaman saya, berikut ini ada beberapa cara yang sanggup dilakukan untuk mengatasi HDD yang berbunyi.


Cara Mengatasi HDD Berbunyi 


Matikan kemudian nyalakan kembali

Ketika sedang beroperasi namun tiba-tiba berbunyi dan jadwal menjadi Not Responding maka sesegeralah mematikan komputer sobat. Paksa matikan dari tombol power? Ya memang itu jalan singkatnya :v . Cabut sumber daya listrik ke komputer kemudian diamkan selama kurang lebih 3-6 jam kemudian nyalakan kembali. Masih belum bekerja? Ikuti metode lain dibawah ini!


Cabut kabel PSU ke HDD kemudian pasang kembali

Metode ini dilakukan ketika komputer dalam keadaan mati. Cabut kabel yang menghubungkan PSU ke HDD, tunggu beberapa detik kemudian pasang kembali dan coba nyalakan komputer sobat. Biasanya metode ini cukup ampuh, namun bila belum bekerja, lakukan metode dibawah ini!


Ketok Magic

Sebenarnya cara ini not recommended lantaran kemungkinan berhasilnya cukup kecil. Matikan komputer kemudian ketuk pecahan tengah HDD dengan tangan. Jangan terlalu keras dan jangan terlalu lemah. Kemudian nyalakan kembali. Mengetok HDD (jika beruntung) sanggup memperbaiki posisi jarum semoga tidak berbunyi lagi. Masih belum bisa? Next!


Coba ganti PSU

Asupan daya yang tidak stabil sanggup mempengaruhi perputaran piringan HDD. Apalagi bila PSU sobat sudah tidak berpengaruh memasok daya dan umurnya sudah terlalu tua. Cukup pinjam PSU teman untuk ditest di komputer sobat. Jika ternyata berhasil, sanggup kita simpulkan bahwa terjadi kerusakan pada PSU sehingga daya yang diterima HDD tidak stabil. Belum bisa? Langkah terakhir adalah...


Bawa ke daerah service

Jika HDD sobat sudah tidak tertolong lagi maka segeralah bawa ke daerah service (terpercaya) untuk diperbaiki. Namun bila kerusakannya sudah cukup parah, mintalah untuk menyelamatkan data-data penting pada HDD.


Kerusakan pada HDD cenderung disebabkan lantaran kerusakan PSU dan file yang berantakan. Ada baiknya sobat memakai PSU berkualitas baik (pure) dan lakukan defragment HDD secara terpola guna mengurangi kemungkinan kerusakan HDD. Perhatikan juga umur HDD, bila sudah lebih dari 5 tahun maka sudah saatnya was-was untuk mengantisipasi terjadinya Bad Sector.

Cara Memeriksa Kondisis Hard Disk Menggunakan CMD


0 Response to "Cara Mengatasi Hdd Berbunyi Creck...Creck..."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel