5 Tips Membeli Komputer Rakitan

menjadi tren paling diminati bagi para pembeli komputer  5 Tips Membeli Komputer Rakitan

-Saat ini komputer rakitan menjadi tren paling diminati bagi para pembeli komputer (PC). Wajar saja, lantaran komputer rakitan mempunyai keleluasaan kepada calon pembeli untuk menentukan spesifikasi yang diinginkan. Bahkan jikalau dikalkulasi, komputer rakitan bisa lebih murah dibanding komputer pabrik (built up) meski dengan kualitas yang sama. Bahkan kualitas komputer gaming gampang dicapai oleh komputer rakitan.

Kelebihan lain komputer rakitan yaitu kompatibel untuk melaksanakan upgrade. Kualitasnya pun sudah teruji oleh banyak sekali vendor hardware terkemuka. Akan tetapi, komputer rakitan cukup merepotkan bagi orang awam (belum paham komponen komputer). Hal ini dikarenakan banyaknya macam dan jenis hardware yang tersedia di toko. Jika asal pilih, komputer rakitan yang dibeli justru kurang baik kualitasnya. Dan memaksa kita untuk mengupgrade komponen gres lagi.

Meski pun begitu, memahami komputer rakitan tidak susah-susah amat kok sob! Biasanya para penjaja komputer rakitan akan memandu sobat menentukan setiap hardware. Tetapi akan lebih baik jikalau sobat juga memahami dan tahu persis detail dari setiap komponen yang diinginkan. Berikut ada 5 tips untuk membeli komputer rakitan.


5 Tips Membeli Komputer Rakitan



1. Fungsi komputer mau untuk apa?

menjadi tren paling diminati bagi para pembeli komputer  5 Tips Membeli Komputer Rakitan

Jika komputer hanya ditujukan untuk pekerjaan-pekerjaan kantor (office) maka tidak perlu spesifikasi dan harga yang tinggi untuk mendapat sebuah komputer rakitan. Sedangkan jikalau ditujukan untuk keperluan multimedia hingga gaming, maka sebaiknya menentukan spesifikasi yang tinggi. Tentunya dengan harga yang tinggi pula.


2. Berapa budget yang dimiliki?

menjadi tren paling diminati bagi para pembeli komputer  5 Tips Membeli Komputer Rakitan

Masalah biaya sudah niscaya menjadi dilema utama. Apakah harga komputer rakitan harus tinggi? Tidak! Pengalaman sobat saya membeli sebuah komputer rakitan (CPU Dual-Core, Monitor, Keyboard, Mouse, DVD Room) dengan harga 1.8 juta Rupiah. Jangan takut kualitasnya jelek lantaran harga murah. Ini bukan bicara kualitas, tetapi harga. Meski terbilang rendah, komputer rakitan bisa diupgrade. Artinya jikalau kurang puas dengan performa dikala ini, bisa kita tingkatkan lagi dengan membeli atau menambah komponen.


3. Akan membeli komputer dimana?

menjadi tren paling diminati bagi para pembeli komputer  5 Tips Membeli Komputer Rakitan

Dalam hal ini, sobat sebaiknya meminta review dari teman-teman yang pernah membeli komputer rakitan. Tidak semua toko komputer bereputasi baik, tetapi masih ada juga yang bereputasi baik dan memuaskan. Coba tanyakan ke beberapa orang wacana dimana mereka membeli komputernya. Saya punya rekomendasi grup Facebook Dunia Komputer dan Show of Your Own Rigs untuk bertanya-tanya mengenai komputer.


4. Spesifikasi

menjadi tren paling diminati bagi para pembeli komputer  5 Tips Membeli Komputer Rakitan

Inilah bab yang paling sensitif, yaitu spesifikasi komponen komputer. Merk dan kualitas juga kuat pada performa komputer nantinya. Berikut ini yaitu standar yang saya buat untuk sebuah komputer rakitan (kualitas menengah).
  • Processor: Dual-Core / Quad-Core tergantung keperluan, untuk gaming sebaiknya i3 keatas.
  • RAM: Minimal 2 GB, akan lebih baik memakai yang lebih tinggi lagi
  • Motherboard: Pastikan kompatibel untuk menempatkan setiap komponen dan upgrade.
  • VGA: Jika untuk keperluan office, onboard (tertanam di Motherboard) sudah cukup baik.
  • HDD: 250 GB, jikalau untuk menyimpan file besar sebaiknya pakai 500 GB atau 1 TB.
  • Power Supply: Bisa bawaan casing atau pilih part terpisah dengan daya yang lebih besar.
  • Monitor, Keyboard, Mouse, DVD Room: Sesuai standar
Lebih lanjut, konsultasikan lagi kepada orang yang lebih berpengalaman. Perlu diperhatikan bahwa setiap komponen harus seimbang. Contohnya jikalau memakai Processor i7, sebaiknya memakai RAM 8 GB. Daya yang dimiliki Power Supply juga harus cukup dengan tegangan masing-masing komponen.


5. Lainnya...

menjadi tren paling diminati bagi para pembeli komputer  5 Tips Membeli Komputer Rakitan

Komputer rakitan akan berumur panjang apabila mempunyai perawatan yang maksimal, tetapi itu semua bergantung pada lamanya komputer digunakan, ketahanan komponen, dan kondisi luar komputer. Untuk melaksanakan upgrade, sebaiknya pastikan bahwa Power Supply masih bisa memberi daya untuk komponen baru. Kualitas berafiliasi dengan harga, semakin mahal harganya maka kualitasnya semakin baik begitu juga sebaliknya. Garansi untuk komputer rakitan yaitu minimal 1 tahun, jikalau kurang dari itu maka sobat wajib mempertanyakan barang tersebut. Merakit komputer bisa dilakukan sendiri atau boleh juga minta dirakitkan oleh penjual.


Cukup itu saja yang bisa saya sampaikan. Ekspetasi dengan kenyataan bisa berbeda, jikalau masih resah sebaiknya tanya ke orang yang sudah ahlinya atau kunjungi eksklusif toko komputer rakitan. Semoga artikel ini bermanfaat ^_^


0 Response to "5 Tips Membeli Komputer Rakitan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel