Cara Mengetahui Judul Lagu Dari Suaranya


- Bagi sebagian orang, akan gampang mengetahui lagu dari suaranya dibanding judulnya. Mungkin teman pernah berkunjung ke kafe, restoran, atau mall yang kebetulan memutar sebuah lagu yang indah. Penasaran ingin mempunyai lagu tersebut tetapi tidak mengetahui judulnya, dilema ini juga kerap dialami oleh penggemar musik di seluruh dunia.

Metode pertama yang dipakai untuk mengetahui judulnya ialah dengan memahami kata-kata yang teman dengarkan, kemudian mencoba-coba mencari kata tersebut lewat Google. Dalam beberapa kasus, ini berhasil.

Ketika gua mencoba mencari tahu judul lagu.

Tetapi lain halnya jikalau lagu tersebut berbahasa asing, contohnya berbahasa Inggris yang cenderung tidak begitu dimengerti oleh orang Indonesia.


Oke, mau tidak mau kita harus menggunakan derma lewat beberapa tool online dan aplikasi dibawah ini. Setidaknya ada 6 buah media yang bisa teman gunakan untuk mengidentifikasi judul lagu cukup dari suaranya saja.

Cara Mengetahui Judul Lagu dari Suaranya


Midomi


Midomi akan menyuruh teman untuk menyanyikan lagu dengan nada yang sesuai untuk mengidentifikasi lagu. Jika teman tergolong orang yang suaranya manis dan bisa menyanyikan lagu yang kurang lebih sama persis, maka Midomi bisa jadi pilihan utama sobat.

Tetapi jikalau merasa bunyi teman termasuk kategori "menyiksa" telinga, yang terpenting ialah alunan nada harus pas. Hal ini sanggup mempengaruhi hasil identifikasi nantinya. Semakin baik teman menyanyi semakin tinggi akurasinya.


AudioTag


Tak berbeda jauh Midomi, AudioTag juga memanfaatkan bunyi untuk sanggup mengetahui judul lagu. Bedanya, teman bisa mengunggah potongan audio (MP3) dari lagu yang ingin dicari judulnya. Seperti Midomi, mengunggah rekaman bunyi teman juga bisa dilakukan disini.

AudioTag memindai frekuensi gelombang bunyi dan mencari lagu yang gelombangnya menyerupai mirip apa yang teman unggah.


NameMyTune


Lebih spesifik lagi, tool ini mempersilahkan penggunanya menentukan genre dan kala lagu tersebut. Sistemnya sama menyerupai Midomi yakni teman menyanyikan lagu itu sendiri sebagai input audio. Namun dengan adanya pengelompokan genre, maka kesannya lebih akurat. Hasil pendeteksian bisa dikirim ke email sobat.

Aplikasi Smartphone untuk Mengetahui Judul Lagu
  • Shazam (Android, iOS, dan Windows Phone) - GRATIS
  • SoundHound (Android, iOS, Windows Phone, dan Blackberry) - GRATIS
Software Komputer untuk Mengetahui Judul Lagu
  • Tunatic (Windows dan Mac OS X) - GRATIS
Dari beberapa pilihan diatas, saya pribadi lebih menyarankan untuk menggunakan aplikasi smartphone? Kenapa? Karena vendor aplikasi tersebut sangat serius terhadap bidang yang digelutinya. Database lagu selalu diperbaharui setiap hari. Jadi, untuk lagu-lagu yang terkesan baru, gunakanlah Shazam atau SoundHound.


Smartphone selalu dibawa kemana-mana, jadi teman bisa eksklusif merekam lagu yang ingin diketahui judulnya dan eksklusif diperiksa oleh aplikasi tersebut.


Meski demikian, ketiga situs yang saya berikan diatas tidak begitu jelek untuk menangani hal ini. Jika teman punya saran lain, share di komentar!

BONUS: WatZatSong, lagu akan diidentifikasi secara manual.


0 Response to "Cara Mengetahui Judul Lagu Dari Suaranya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel